Fermentasi serbuk gergaji mampu usir bau kotoran

Salah satu problem dalam memelihara ayam adalah bau kotoran, kini ada pengusir bau yang bisa dibuat hanya dengan menggunakan serbuk gergaji.

Karena menghasilkan bau menyengat, kotoran ayam dipandang sebagai limbah yang membuat polusi udara. Sehingga  kotoran ayam hanya digunakan untuk pupuk organik. Kini melalui inovasi teknologi, serbuk gergaji yang juga biasa hanya sebagai sampah setelah difragmentasi dengan mikroba mampu menjadi penangkal bau kotoran ayam tersebut.

Djuriono, salah guru yang kini mengajar di SMKN 1 Trucuk yang menemukan pengendali bau tersebut atau dikenal nama Bau-Go. semua proses penelitian dan pembuatan Bau-Go ini dilakukan dengan melibatkan siswa SMKN 1 Trucuk. Sebuah kandang ayam petelur yang dibangun hanya berjarak beberapa meter dari ruang sekolah memberi bukti serbuk pengendali bau tersebut  mampu menghilangkan bau kotoran ayam.

Bau-Go terbuat dari hasil fermentasi serbuk gergaji beberapa jenis kayu. Serbuk yang telah difermentasi dengan mikroba dan sari tebu dipercaya ampuh mampu mengendalikan aroma tak sedap yang disebabkan kotoran hewan atau sampah rumah tangga lainnya.

Karena terbuat dari bahan organik, Bau-Go juga ramah lingkungan. Kini untuk ikut membantu membersihkan lingkungan, Bau-Go juga dijual dengan harga lima belas ribu setiap sepuluh liternya. (Windarto – Klaten)

 

Sumber: manteb.com