Tips memilih mebel jati

Mebel atau perabot rumah dari kayu memang masih menjadi mebel yang banyak digunakan untuk melengkapi kebutuhan rumah. Mebel sendiri banyak dibuat dari bahan dasar kayu jati dan mahoni.  Kayu jati sampai sekarang menjadi pilihan pertama untuk membuat perabot rumah, dan kayu mahoni mejadi pilihan kedua.

Kayu jati banyak diminati sebagai bahan utama karena kayu memiliki keunggulan dibandingkan dengan kayu lainnya. Salah satu keunggulan kayu jati adalah sangat awet karena rayap tidak suka dengan kayu jati sehingga terhindar dari serangan rayap yang biasa menyerang kayu-kayu lainnya.

Selain itu kayu jati juga memiliki serat yang kuat sehingga sangat kokoh ketika digunakan untuk pembuatan mebel kayu.  Walaupun secara umum kayu jati sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan mebel, tapi kita juga harus mengetahui cara yang tepat memilih mebel kayu jati yang berkualitas, karena terkadang ada mebel kayu jati yang tidak memenuhi standar, sehingga hasilnya tidak maksimal.

Berikut ini tips untuk memilih mebel kayu jati:

1. Hindari mebel jati yang terdapat cocoh

Cocoh ialah lubang-lubang kecil yang terdapat di kayu jati, cocoh terjadi karena kayu jati dibuat rumah oleh serangga kecil yang menyebabkan terjadi bubuk di kayu jati. Orang biasa menyebut serangga ini dengan nama “Trocoh”. ciri-ciri mebel yang terkena cocoh yakni adanya lubang kecil di kayu sehingga mebel dari jati tersebut rapuh dalamnya. Mebel yang memakai kayu cocoh biasanya tidak mampu bertahan lama. Untuk itulah hindari  membeli mebel kayu jati yang terdapat cocoh dan bubuk kayu.

2. Pilih bahan mebel dari kayu jati tua (kalau bisa menggunakan Kayu TPK)

Sebisa mungkin memilih mebel jati dengan menggunakan bahan kayu jati tua, kayu jati tua sendiri memiliki beberapa ciri yaitu diantaranya serat kayu yang padat, Berat kayu juga lebih berbobot, warna kayu coklat kemerah-merahan dan merata. Jika sulit memilih kayu jati tua, lebih mudahnya anda memilih kayu TPK (Tempat Pelelangan Kayu) Jati Perhutani yang sudah di pastikan memiliki umur kayu yang tua, minimalis 20 tahun.

3. Finishing Produk Bagus dan bekualitas

Salah satu cara mengetahui finishing produk mebel jati yang bagus ialah melihat produk mebel yakni dengan melihat warna yang merata di semua produk, finishing tebal dan juga semua pori-pori kayu tertutup finishing. dan sebisa mungkin menggunakan bahan finishing terbaik di kelasnya. untuk lebih mudahnya, produk bisa diraba , jika finishingnya bagus, maka produk akan sangat halus ketika di pegang. permukaan mebel papan juga tidak bergelombang.

4. Kontruksi Mebel harus kuat

Cara mengetahui bagus tidaknya sebuah kontruksi dari produk mebel jati adalah ketika produk mebel tersebut dipakai, maka pemakai akan merasa sangat nyaman, produk mebel juga sangat kokoh ketika digunakan. Dan hal yang penting lain dari sebuah kontruksi mebel jati adalah Simetris.