Tips membuat Gazebo di Rumah

Gazebo merupakan sebuah ruangan terbuka yang menjadi alternatif tempat berkumpul seluruh anggota keluarga. Biasanya, gazebo dibangun terpisah dari bangunan utama dan berfungsi sebagai fasilitas tambahan dari rumah tersebut. Letaknya bisa disesuaikan dengan sudut rumah yang memiliki view yang paling cantik, seperti di taman depan, di samping, atau di halaman belakang.

Pada umumnya, struktur bangunan gazebo dibuat memakai bahan material semi permanen, ringan, dan terbuka. Untuk menuju gazebo biasanya dibuat jalan setapak dari kumpulan batu-batu, dan disekitar area gazebo ditanam beraneka tumbuhan bunga sebagai pemanis tampilannya.Berikut ini beberapa tips merancang dan mendekorasi gazebo:

gazebo

 

 

 

 

1. Menentukan konsep Gazebo

Sama halnya dengan rumah, model gazebo pun be
rmacam-macam. Mulai dari yang bergaya tradisional, klasik, country, hingga konsep minimalis. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan konsep tema yang diambil pada bangunan rumah utama. Pembuatan gazebo tradisional biasanya dilakukan dengan menjadikan unsur alam, seperti batu, kayu, bambu, dan serat sebagai dominasi ruangan. Sedangkan, gazebo bergaya klasik lebih meniru bangunan-bangunan gaya eropa yakni dengan mengecat seluruh dinding memakai warna putih dan memenuhi area sekitarnya dengan beragam bunga. Untuk gazebo bergaya minimalis, bisa dibangun ruang yang lebih terbuka, menambahkan furniture modern, serta menggunakan jenis warna-warna yang netral khas konsep minimalis.

2. Ukuran Ideal

Menghitung ukuran gazebo disesuaikan dengan daya tampung yang diinginkan. Sebagai contoh, untuk gazebo yang mampu menampung 4 orang, maka ukuran luas idealnya adalah 2×2 meter. Agar tercapai keselarasan ukuran dekorasi pada area halaman rumah, ukuran luas gazebo tidak melebihi seperlima dari luas halaman rumah.

3. Memilih tumbuhan yang tepat

Pemilihan tumbuhan yang sesuai dengan tema dapat memperkuat suasana yang akan dihasilkan. Tanaman berbunga masih menjadi pilihan utama sebagaimana pembuatan taman rumah biasa. Hindari menanam pohon besar di dekat gazebo karena akan menghalangi pencahayaan yang masuk ke dalamnya.

4. Posisi ideal

Biasanya gazebo dibangun tepat di tengah-tengah halaman agar view yang didapat saat berada di dalamnya menjadi lebih luas. Untuk posisi yang lebih menarik, sudut terluar taman bisa menjadi alternatif. Posisi  ini memungkinkan untuk menikmati keindahan taman sebelum mencapai lokasi gazebo.

5. Menghadirkan suasana alami di Gazebo

Atap ijuk biasanya menjadi favorit untuk menghiasi gazebo. Atap ini mampu menghadirkan kesan pedesaan yang terlihat tenang. Bambu juga bisa Anda hadirkan, baik sebagai konstruksi utama maupun sekedar aksesoris ruangan. Untuk nuansa alam yang lebih modern, Anda bisa memakai lantai kayu sebagai alas gazebo.

Adanya gazebo tidak hanya akan mempercantik tampilan rumah, tetapi juga mampu membuat kehidupan didalamnya jauh lebih sehat dan harmonis.