Lantai kayu bermutu

foto lantai kayuUntuk mendapatkan lantai kayu  yang bermutu dan sesuai dengan harapkan, harus diperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah memilih jenis kayu yang tahan cuaca dan rayap. Misalnya, kayu jati, eboni, besi atau ulin, damar laut, bangkirai, dan merbau. Selain itu harus di pastikan kayu yang digunakan memiliki kadar air yang sangat minimal. Karena kandungan air tinggi dapat membuat kayu menjadi memuai, susut, atau retak. Selain itu lakukan pula proses finishing dan pelapisan dengan zat anti rayap. Jika ingin memperoleh tekstur permukaan, pakailah pelitur atau vernis, bisa juga dengan mengecatnya dengan cat kayu.

Untuk lantai kayu akan lebih baik menggunakan kayu jenis solid, karena kayu solid tersebut tahan dari serangan rayap selain memiliki tekstur yang cantik. Selain itu buat susunan kayu yang seimbang dengan bidang furniture. Lantai yang memanjang bisa menggunakan susunan vertical, sedangkan yang melebar bisa horizontal. Susunan yang tepat memudahkan perletakkan furniture. Agar tampilan lantai kayu maksimal, sebaiknya pastikan kondisi muka lantai dasar rata dan rapi. Lantai tak rata bisa merusak kayu dan suasana ruang.

Untuk pengerjaan dan pemasangan sebaiknya diserahkan kepada ahli dibidangnya untuk hasil yang maksimal dan tidak memerlukan waktu lama, karena hanya memerlukan waktu 1-2 hari. Pemasangan lantai kayu tidak harus membongkar lantai lama, seperti lantai keramik, marmer, lantai semen acian dan lantai kayu lama bisa di tumpuk dengan lantai kayu kita. Pada dasarnya lantai rumah dari kayu hanya mampu menahan air dari lapisan atas saja. Oleh karena itu pencucian lantai kayu tidak diperbolehkan, sangat di anjurkan untuk memakai alat pembersih lantai khusus. Pada dasarnya tumpahan air pada lantai kayu tidak terlalu bermasalah, asal secepat mungkin dikeringkan (tidak dibiarkan berhari-hari).

Kelebihan menggunakan lantai dari kayu adalah sejuk ketika cuaca panas, hangat ketika cuaca dingin, memberikan gaya natural. Selain perawatan lantai kayu cukup mudah, untuk membersihkan lantai kayu dapat menggunakan sapu lembut berbahan bulu atau sulah. Selain itu pergunakan sikat yang lembut pada vacum cleaner agar lantai terhindar dari goresan. Apabila lantai kayu tersebut terkena air maka dapat dibersihkan dengan handuk lembut, lalu keringkan.