Cara merawat material kayu

Penggunaan material kayu dapat membuat suasana di rumah menjadi hangat dan klasik. Beberapa orang percaya, penggunaan unsur kayu di dalam rumah membuat suasana rumah menjadi “hidup”. Namun penggunaan kayu di dalam rumah juga memerlukan perawatan berkala.

1. Bersihkan debu dari sisa-sisa pengeboran

Setelah melubangi tembok atau pun kayu, terdapat debu-debu sisa pengeboran. Untuk membersihkannya, gunakan vacum cleaner dan arahkan ke lubang pengeboran.

2. Memaku Bambu

Memaku bambu tidak mudah karena jika salah, bambu akan belah dan tidak dapat digunakan lagi. Cara mengakalinya adalah dengan menggunakan bor terlebih dahulu, dengan mata bor yang berukuran 3/4 dari paku yang akan digunakan. Setelah membuat lubang pada bambu, lumuri paku dengan minyak pelumas. Paku akan melesat masuk ke dalam bambu tanpa membuat belah.

3. Memperbaiki kayu yang “penyok”

Terkadang, kusen atau perabot rumah penyok karena anda tidak hati-hati saat memindahkan barang. Jika kedalaman penyok tidak lebih dari 2 mm, maka anda masih dapat mengakali dengan menggunakan kain basah dan setrika. Caranya dengan menempelkan kain basah ke kayu yang penyok tersebut dan setrika hingga kain basah tersebut mengering. Bagian yang penyok akan segera tersamar dan hampir menyerupai bentuk sebelumnya.

4. Cara menghindari goresan pada parkit

Parkit dapat tergores karena terkena benda yang tajam. Nah, sebelum benda-benda yang mempunyai sudut runcing merusak keindahan parkit, lebih baik sudut tajam ditumpulkan dengan cara mengenakan karet pengaman, atau isolasi yang tebal, atau benda-benda yang dapat menyembunyikan sisi tajam agar tidak menggoresi parkit.

5. Menjaga keindahan benda pajangan dari kayu.

Keindahan kayu ada kalanya termakan usia dan alam. Tapi dengan melakukan perawatan, benda pajangan anda tetap dapat tampak seperti baru. Caranya adalah bersihkan benda tersebut dari debu, lalu lap dengan kain yang telah diolesi minyak pelapis kayu. Beberapa minyak pelapis kayu dijual dengan aroma yang wangi.

Sumber: http://kriswoodbatam.blogspot.com/2013/02/5-cara-merawat-kayu-agar-tetap-awet.html