Kerajinan Batik Kayu

Yogyakarta terkenal dengan kota yang menghasilkan kerajinan, salah satunya adalah kerajinan batik kayu. Produk kerajinan batik kayu yang dihasilkan adalah seperti topeng,  wayang, asesoris/alat rumah tangga, patung kayu, kotak perhiasan, alat permainan anak, cermin, dan hiasan batik kayu lainnya dengan kisaran harga mulai dari yang murah hingga jutaan. Penjualannya pun tidak hanya didalam negeri, tetapi kerajinan batik kayu ini mampu menembus pasar dunia.

Bahan baku yang digunakan untuk kerajinan batik kayu ini menggunakan kayu kuso, albasia atau sengon, klepu, pule, kembang, dan kayu jinjing. Kayukayu tersebut dipilih karena tidak keras, mudah dibentuk, mudah menyerap cairan (pewarna) serta tidak berminyak.

Membatik menggunakan media kayu pada prinsipnya sama dengan membatik di kain. Prosesnya dimulai dari menggambar pola, melapisi, menutup pola dengan lilin cair, pewarnaan, dan melepas lilin. Kesulitan membatik di media kayu adalah karena polanya dibuat secara manual, bukan dicetak seperti batik kain, sehingga membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Untuk proses pewarnaan, menggunakan pewarna kimia khusus yang di impor dari Jepang dan China.

Berikut ini salah satu cuplikan video kerajinan batik kayu dari Yogyakarta.