Desain Interior Rumah Bergaya Rustic

Desain interior bergaya rustic mungkin masih terdengar asing dan belum populer di Indonesia, lain halnya dengan di negara lain yang sudah banyak menerapkan desain bergaya rustic. Desain interior bergaya rustic menekankan pada kekayaan alam, karena inspirasinya memang datang dari alam liar yang masih belum tersentuh tangan manusia.

Saat ini, banyak orang yang mengatakan “Back to nature” atau “Go Green”, untuk menerapkan konsep  tersebut  tidak hanya dilakukan dengan penanaman pohon saja, namun gedung-gedung dan perumahan juga berkonsep “Back to nature” atau “Go green”.

Gaya rustic sangat tepat ditambahkan dalam penataan interior karena barang-barang bekas seperti ranting, kaleng atau barang kuno yang sudah tidak terpakai bisa “disulap” sebagai penghias ruangan.

Rustic dalam bahasa Indonesia diartikan berkarat atau tua, dan memiliki tekstur yang kasar dan tidak dilakukan finishing atau dilakukan dengan tidak sempurna untuk melindungi material dari cuaca dan rayap. Material yang digunakan untuk desain gaya rustic ini adalah material alami seperti kayu, batu alam, besi tempa, logam dan bahan alami lainnya. Warna yang dominan adalah warna dari kesan material yang kuat, seperti abu-abu, terakota, hitam, coklat kayu, kuning kusam, warna bata.

Perpaduan dalam penataan interiornya pada dasarnya sama saja dengan prinsip yang sudah umum, karena gaya rustic lebih menekankan pada penggunaan material dengan tekstur kasar yang ekstensif, yang lebih ditekankan adalah suasana hangat yang diakibatkan penggunaan material dengan kesan yang kuat/bertekstur tersebut.

Gaya rustic bisa dipadukan dengan gaya lain seperti gaya modern. Paduan gaya ini banyak dilakukan dalam desain bergaya etnik modern, karena banyak elemen dari unsur etnik yang bisa dipakai sebagai aksen dari interior gaya modern. Misalnya, sebuah ruangan dengan gaya modern yang bersih bisa diisi dengan satu atau dua buah furniture bergaya etnik yang biasanya banyak yang tidak dipoles, atau sengaja tidak dipoles dengan harapan muncul kesan rustic-nya.

Desain gaya rustic masih bisa berpadu dengan tampilan modern dengan mengaplikasikan material, furniture atau pelapis dengan kesan material rustic, tapi dipadukan dengan kejernihan desain gaya modern. Dari sini bisa timbul suasana yang alami seperti resort.