Tips sederhana mengusir dan membasmi rayap pemakan kayu

Untuk mengusir  dan membasmi rayap pemakan kayu, kita dapat menggunakan bahan-bahan yang terdapat disekitar kita.

 1. Minyak Tanah

Caranya mudah, cukup dengan menyemprotkan minyak tanah di kayu yang telah di serang rayap atau juga dapat disemprotkan pada sarang-sarang rayap. Agar lebih ampuh dapat juga ditambahkan minyak serai sebagai campuran minyak tanah.

2. Tembakau

Tembakau bermanfaat untuk membunuh tungau yang biasanya menyerang anak kecil jika bermain di rumput, dapat juga digunakan untuk mengatasi rayap. Agar lebih efektif dapat dicampurkan dengan tembakau dan air, lalu didiamkan satu malam agar sari tembakau sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang diserang atau langsung ke sarang rayapnya.

3. Garam Dapur

Garam juga ampuh untuk mengatasi rayap. Cukup dengan menaburkan garam di sarang rayap, tetapi cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan. Agar lebih efektif garam dapat dicampur dengan air dan tembakau, diamkan selama satu malam. Lalu semprotkan dan siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.

4. Air Kapur sirih

Sifat panas dari kapur sangat efektif untuk menghadapi rayap yang memiliki kulit tipis dan lembut. Caranya cukup disiramkan air kapur sirih ke kayu yang diserang atau juga langsung ke sarang rayap.

5. Air Bekas Cucian Beras

Air pertama bekas cucian beras dapat dimanfaatkan untuk mengusir rayap. Cukup disiramkan disekeliling sarang rayap.